INOVASI KIPAS DUKCAPIL

  • 18 Desember 2023
INOVASI KIPAS DUKCAPIL

Lombok Timur, --- Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, Disdukcapil Lombok Timur bentuk Inovasi KIPAS Dukcapil. Dalam kegiatan Inovasi ini disusun tim khusus pelayanan keliling (Yanling) yang siap laksanakan perekaman dan pencetakan KTP-el bagi pemilih pemula potesial. Tim KIPAS Dukcapil ini terdiri dari 3 tim yang beranggotakan 15 Orang.

Pada Rabu 1 November 2023, Pj. Bupati, Taufiq Drs. H. Juani Taofik Meresmikan langsung Inovasi terbaru Dukcapil terkait dengan pelayanan Admninduk ke sekolah yakni KIPAS DUKCAPIL (Kegiatan Inovasi Pelayanan Adminduk di Sekolah). Launching ini dilaksanakan pada kegiatan apel pagi di halaman kantor Dinas Dukcapil. Inovasi KIPAS DUKCAPIL dibentuk sebagai salah satu strategi untuk menyukseskan pemilu tahun 2024. Adapun launching ini dihadiri juga oleh KPUD, Bawaslu, Kemenag, dan UPTD Dikbud, Dikbud Provinsi.

Pj. Bupati mengatakan “Generasi kita yang masuk daftar pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP-el harus kita rekam untuk mendapatkan KTP-elnya yang menjadi syarat pemilihan. Pemilih pemula potensial tersebut termasuk yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 14 Februari tahun 2024 mendatang. Berdasarkan data daftar pemilih, penduduk yang belum melakukan perekaman adalah sebanyak kurang lebih 26.000 orang. Sehingga dibutuhkan percepatan perekaman dan kepemilikan KTP-el. Dalam hal ini dibentuk inovasi KIPAS DUKCAPIL Lombok Timur dengan tim khusus yang akan turun ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan perekaman KTP-el . Target perhari untuk layana perekaman ini adalah rata-rata 300 perekaman sehingga dalam satu bulan bisa mendapatpan 9000 perekaman.

Pj bupati juga menjelaskan pentingnya SDM dalam percepatan Perekaman KTP-el sehingga dibutuhkan koordinasi yang baik dari seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Dan juga adanya evaluasi kedepan dalam pelaksanaan inovasi KIPAS Dukcapil. Mungkin nanti adanya penambahan tim dan lain halnya sehingga inovasi ini berjalan lebih maksimal.

Kepala Dinas Dukcapil juga menyampaikan bahwa pada 24 hari pertama akan dilaksanakan Perekaman KTP-el ke SMA, SMK Negeri. Untuk memaksimalkan kegiatan ini dan untuk mencapai target perekaman per hari maka dibutuhkan adanya penambahan tim kedepannya dan tentu saja dibutuhkan sarpras yang memadai. Selain Inovasi KIPAS Dukcapil untuk menyukseskan pemilu 2024 dalam percepatan perekaman, UPT Dukcapil di Kecamatan juga gencar laksanakan perekaman KTP el dengan membuat jadwal perekaman bagi desa-desa yang di laksanakan langsung di UPT Dukcapil di masing-masing kecamatan.

 


Berikut Foto Kegiatan :

https://disdukcapil.lomboktimurkab.go.id/lihat-foto-172-sukseskan-pemilu-2024-disdukcapil-lombok-timur-bentuk-inovasi-kipas-dukcapil.html

  • 18 Desember 2023