KUNJUNGAN KERJA KOMISI 1 DPRD KAB. KARANGASEM DI DUKCAPIL LOMBOK TIMUR TERKAIT PROGRAM SATU DATA

  • Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:56:11 WIB
  • Hidayatul Jumah
KUNJUNGAN KERJA KOMISI 1 DPRD KAB. KARANGASEM DI DUKCAPIL LOMBOK TIMUR  TERKAIT PROGRAM SATU DATA

KUNJUNGAN KERJA KOMISI 1 DPRD KABUPATEN KARANGASEM DI DUKCAPIL LOMBOK TIMUR TERKAIT PENDEKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA MENDUKUNG PROGRAM SATU DATA

Selong – Selasa 23 Agustus 2022 Dinas Dukcapil Lombok Timur menerima kunjungan kerja dari Komisi 1 DPRD Kabupaten Karangasem Bali. Kunjungan ini bertujuan untuk sharing informasi terkait pelayanan Administrasi Kependudukan di desa dalam mendukung suksesnya program satu data.

Dalam pertemuan ini hadir Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Karangasem (I Nengah Suparta) dan wakil Ketua Komisi 1 DPRD (I Gusti Agung Dwi Putra) beserta 10 anggotanya. Kepala Dinas Dukcapil Lotim (Ir. Sateriadi, MT. M.Sc ) dan Seluruh Kepala Bidang termasuk jafung perencanaan dan staf menyambut hangat kedatangan para tamu.

Di awal pertemuan, Dinas Dukcapil menunjukkan video inovasi Dukcapil Lotim yakni BAKSO (Buat Administrasi Kependudukan Secara Online) dan dilanjutkan dengan penyampaian oleh Kepala Dinas Dukcapil Lotim, Ketua Komisi 1 DPRD Kab. Karangasem dan diskusi-diskusi.

Ir. Sateriadi menyampaikan bahwa beliau merasa terhormat dan senang dengan kehadiran para tamu dari Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Karangasem. Hal ini bisa menjalin silaturahmi antar daerah dan bisa sharing informasi daerah masing-masing khususnya terkait pelayanan Adminduk.

Ir. Sateriadi juga memberikan gambaran kondisi kependudukan di Lombok Timur secara umum. Mulai dari permasalahan yang dihadapi dan upaya-upaya yang dilakukan Dukcapil Lotim dalam peningkatan kualitas pelayanan yakni adanya 21 UPT Dukcapil di Kecamatan Lombok Timur, serta berbagai inovasi yang dikembangkan dan program LAKBKD (Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa) yang erat kaitannya dengan penyempurnaan data SID di desa  dan salah satu Langkah terwujudnya satu data di Lombok Timur.

Dalam pertemuan ini, I Nengah Suparta memperkenalkan daerah Karangasem secara umum khususnya terkait kondisi kependudukan daerah tersebut saat ini. Berbagai permasalahan di 78 desa di Kabupaten Karangasem dan masih dibutuhkannya upaya yang lebih ekstra untuk terwujudnya satu data di daerah Karangasem. Dalam hal ini beliau menginginkan berbagai informasi dan pengalaman Dukcapil Lotim sehingga adanya penyempurnaan dalam mewujudkan satu data di Kabupaten Karangasem yang dimana Dukcapil adalah bagian penting dalam hal ini.

Ir. Sateriadi berkata, “ Dukcapil Lotim telah bersinergis dengan seluruh stake holder seperti Kementrerian Sosial, DPMD, dan Dinas Sosial dan lainnya terkait UHC, BPJS dan yang berkait. Hal ini juga adanya dukungan pemerinntah daerah salah satunya berupa edaran Bupati Lombok Timur terkait Kerjasama seluruh Stack Holder yang terlibat untuk menyelesaikan permasalahan data di Lombok Timur. Dalam pelaksanaannya banyak kendala yang dihadapi adalah adanya resistensi baik dari masyarakat dan beberapa pihak yang terlibat., salah satu contohnya adalah adanya kabar miring membuat beberapa masyarakat masih ragu memperbaharui datanya karena takut data nya di BPJS berganti dan tidak mendapatkan haknya kembali jika melakukan perubahan data. dan berbagai problematik lainnya sehingga perlu dukungan berbagai pihak dalam penyelesaian berbagai permasalahan yang ada dan dapat mensuskseskan program satu data di Lombok Timur.”

  • Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:56:11 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya