KUNJUNGAN PEMERINTAH ACEH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR, BAHAS SID DAN PENGELOLAAN DATA KEPENDUDUKAN

  • Rabu, 18 Mei 2022 - 10:21:42 WIB
  • Hidayatul Jumah
KUNJUNGAN PEMERINTAH ACEH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR, BAHAS SID DAN PENGELOLAAN DATA KEPENDUDUKAN

Lombok Timur – Pemerintah Aceh berkunjung di Kabupaten Lombok Timur pada Selasa 17 Mei 2022. Agenda kunjungan Pemerintah Aceh adalah berbagi pengalaman implementasi SID (Sistem Informasi Desa) di Kabupaten Lombok Timur. Seperti yang diketahui bahwa Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu kabupaten yang berhasil dalam pengelolaan dan pelaksanaan SID di desa-desa.

Pada kunjungan ini telah hadir perwakilan dari Pemerintah Aceh yang terdiri dari Kadis PMG Aceh, Kadis KOMINSA Aceh, Kabid TTG DPMG Aceh, Kabid E Gov. KOMINSA Aceh, Helpdesk SIGAP Provinsi, Programmer SIGAP Provinsi, BAPPEDA Aceh, Trainer SIGAP Provinsi, Helpdesk SIGAP Kabupaten, Operator Gampong, Perwakilan Kabupaten yakni Bener Meriah, Bireun dan Aceh Besar. Hadir juga Tim Kompak terdiri dari Kompak Jakarta, Kompak Aceh dan Kompak NTB.

Rombongan Pemerintah Aceh disambut hangat oleh Pemerintah Lombok Timur yang diwakili oleh Sekda Kab. Lombok Timur, Asisten 2 Setda, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Bappeda, Forum Kepala Desa, dan Forum Penggiat SID Kabupaten Lombok Timur.

Agenda Pertama yang dilaksanakan adalah rapat dan diskusi bersama di Aula Bappeda Kabupaten Lombok Timur. Dan dilanjutkan dengan agenda kedua yakni berkunjung ke Desa Rarang Selatan sebagai desa percontohan yang telah dinilai bagus dalam pelaksanaan SID.

Rapat dan Diskusi Bersama ini dibuka oleh Kepala Bappeda (Hj. Baiq. Miftahul Wasli, SE., M.Si ), dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, oleh Sekretaris Daerah (Drs. H. Muhammad Junaidi Taofik, M. AP.), dan Kadis PMG Aceh (Drs. WARDANA, M.Si).

Dalam sambutannya, Sekda Kab. Lombok Timur menjelaskan tentang Kerjasama Pemerintah yang selama ini dengan Kompak dalam pelaksanaan SID di Kabupaten Lombok Timur. beliau juga menjelaskan tentang pentingnya motivasi desa dalam pelaksanaan SID dan berbagai manfaat SID terutama dalam penyaluran bantuan yang tepat sasaran serta pentingnya data yang valid dan akurat di desa, dalam hal ini berkaitan dengan data Dukcapil Kabupaten Lombok Timur.

Kadis PMG Aceh dalam sambutannya sangat terkesan dengan Lombok yang dikenal dengan seribu masjid. Beliau menjelaskan beberapa hal terkait pengelolaan data desa lingkup Pemerintah Aceh, salah satunya adalah Inovasi SIGAP (Sistem informasi kampong) yang dimiliki oleh Pemerintah Aceh.

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan Pemberian Cindra Mata dan pemaparan materi dari para narasumber yakni Kepala Dinas PMD Kab.Lombok Timur  (Hairi, S.IP. M.Si) dan Kepala Dinas Dukcapil Kab.Lombok Timur (Ir. Sateriadi, MT. M.Sc. dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Kepala Dinas PMD memaparkan terkait SID di Kabupaten Lombok Timur. Beliau mengatakan bahwa Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 21 Tahun 2021 (Perbup 21/2021) tentang Sistem Informasi Desa (SID) menjadi bukti kesungguhan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur terhadap pengembangan dan pengelolaan SID.

Dalam Pemaparannya, Kepala Dinas Dukcapil menjelaskan terkait integrasi Pelaksanaan BAKSO di desa dengan pelaksanaan SID, pentingnya data kependudukan yang akurat di desa. Beliau juga menjelaskan tentang Perbup No. 1 Tahun 2021 Tentang LAKBKD (Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa) yang menjadi payung hukum dalam pelaksanaan Adminduk di desa. Selain Inovasi BAKSO, beliau juga menjelaskan beberapa inovasi Dukcapil Lotim seperti Tuak Manis dan BAKVIA.

Setelah melaksanakan rapat, kunjungan berlanjut ke Desa Rarang Selatan. Di Desa Rarang Selatan ini disambut oleh Camat Terara, PTPD Kecamatan Terara, Perangkat Desa Rarang Selatan, serta Forum Pegiat SID Lombok Timur.

  • Rabu, 18 Mei 2022 - 10:21:42 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya