IKUT SERTA DALAM PROGRAM CANTING MAS (CEGAH STUNTING BERSAMA MASYARAKAT), DINAS DUKCAPIL LOTIM KERAHKAN TIM YANLING DAN TIM TUAK MANIS DALAM PELAYANAN ADMINDUK DI LABUHAN LOMBOK

  • Minggu, 26 September 2021 - 16:47:29 WIB
  • Hidayatul Jumah
IKUT SERTA DALAM PROGRAM CANTING MAS (CEGAH STUNTING BERSAMA MASYARAKAT), DINAS DUKCAPIL LOTIM KERAHKAN TIM YANLING DAN TIM TUAK MANIS DALAM PELAYANAN ADMINDUK DI LABUHAN LOMBOK

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil telah melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di Labuhan Lombok. Pelayanan ini berlangsung selama 3 hari yakni hari rabu kamis, dan jumat ( 23 sampai dengan 25 September 2021). Pelayanan ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan dalam rapat yang diadakan pada hari senin lalu terkait keikutsertaan Dinas Dukcapil Lombok Timur dalam Program Tim Penggerak PKK.

Program dari tim penggerak PKK ini dikenal Canting Mas (Cegah Anak Stanting Dengan Masyarakat). Dalam program canting mas ini semua OPD di Lombok Timur ikut serta termasuk dinas Dukcapil. Pada rapat yang diadakan sebelumnya, peran dinas dukcapil hanya sebatas melakukan sosialisasi terkait dokumen Adminduk akan tetapi karena masyarakat menginginkan pelayanan adminduk, maka dinas dukcapil setuju untuk melaksanakan pelayanan selama tiga hari di Labuhan Lombok.

 

Pada pelayanan hari pertama (rabu) dilaksanakan di Kantor Desa Labuhan Lombok dan tim dukcapil dikoordinasikan oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Syaiful Azkari, S.Sos) dengan jumlah personil 18 orang. Dan dilanjutkan dengan pelayanan hari kedua yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang PIAK (Arfany M.Masany, S.STP, M.H). Adapun jumlah dokumen adminduk yang telah diproses dalam pelayanan dua hari ini diantaranya adalah cetak e-KTP : 162, Cetak akta kelahiran : 169, Cetak KK : 147, Cetak KIA : 1137, Pindah datang antar provinsi : 10, Akta Kematian : 4. Semua dokumen tersebut diserahkan di Labuhan Lombok pada hari Jumat.

Pelayanan Adminduk pada hari ketiga dilanjutkan pada hari jumat bersamaan dengan kegiatan Jumat bersih yang diadakan tim penggerak PKK. Pelayanan hari ketigas ini dikhususkan dengan menggerakkan tim Tuak Manis. Hal ini karena beberapa masyarakat tidak bisa menuju lokasi pelayanan pada dua hari pelayanan sebelumnya. Jadi Dukcapil menggerakkan Tim Khusus Tuak Manis untuk menyisir ke rumah-rumah penduduk yang lansia (lanjut usia) dan disabilitas.

 

“pada rencana awalnya Dinas Dukcapil Lombok Timur berkontribusi pada bagian sosialisasi Adminduk  pada program Canting Mas ini. Tapi karena banyak usul dari masyarakat agar Dinas Dukcapil turun langsung untuk melaksanakan pelayanan Adminduk. Hal ini dikarenakan di Labuhan Lombok masih banyak masyarakat yang memiliki masalah Adminduk sepeti penduduk masih banyak yang belum memiliki akta, memiliki akta tapi masih manual (belum online), penduduk yang nikah dibawah usia akan tetapi masih belum memiliki dokumen adminduk lengkap, serta kartu keluarga masih numpang di kk orang tua. Oleh karena itu Dinas Dukcapil menyetujui saran tersebut dengan melaksanakan pelayanan selama tiga hari”, kata Syaiful Azkari.

Lanjutnya, “Pelayanan adminduk kerjasama dengan tim penggerak PKK ini juga akan terus berlanjut dan akan menjadi program rutin Dinas Dukcapil Lombok Timur yang akan berlangsung setiap jumat (Jumat Bersih) dengan menggerakkan Tim Tuak Manis ke wilayah yang telah ditentukan. Dengan adanya pelayanan Adminduk ini diharapan bahwa desa/masyarakat ini mendapatkan kepuasan dalam pelayanan dan hal ini meningkatkan kesadaran masyarakat terkait betapa bpentingnya dokumen Adminduk adar betapa pentingnya tuntas adminduk bagian masyarakat"

  • Minggu, 26 September 2021 - 16:47:29 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya