PELAYANAN KELILING( YANLING) TIM TUAK MANIS DUKCAPIL LOMBOK TIMUR DI DUSUN TANGGAN WAH DAN MONTONG ATAS DI KECAMATAN SIKUR

  • Senin, 22 Februari 2021 - 13:11:08 WIB
  • Hidayatul Jumah
PELAYANAN KELILING( YANLING) TIM TUAK MANIS DUKCAPIL LOMBOK TIMUR DI DUSUN TANGGAN WAH DAN MONTONG ATAS DI KECAMATAN SIKUR

Jumat 19 Februari 2021, tim Tuak Manis (Tuntas Administrasi Kependudukan Untuk Masyarakat Marginal Dan Disabilitas) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Timur yang beranggotakan 7 orang anggota kembali mengadakan agendanya dalam pelayanan adminduk di dua lokasi, yaitu dusun tanggan wah dan dusun montong atas yang terletak di kecamatan Sikur. Sebelumnya Tim Tuak Manis telah melakukan pelayanan adminduk di beberapa dusun di enam Kecamatan  yang ada di Lombok Timur yaitu Aikmel, Lenek, Pringgabaya, Selong, Sakra Timur, dan Pringgasela.  Tim Tuak Manis dipimpin oleh seorang koordinator yaitu Mangsup, S.Ap.

Setelah melaksanakan kegiatan pelayanan car free di taman kota selong, tim Tuak Manis yang menggunakan mobil pelayanan dukcapil segera meluncur ke lokasi pertama yaitu dusun tanggan wah sekitar pukul 11.00 wita. Setibanya di lokasi, tim Tuak Manis disambut hangat oleh kadus dan masyarakat dari dusun tanggan wah. Masyarakat yang tercatat dalam pelaporan sudah menunggu di titik lokasi pelayanan sehingga Tim Tuak Manis siap untuk melakukan pelayanan adminduk. Total KTP-El yang berhasil direkam dan dicetak di dusun tanggan wah adalah sebanyak 23 KTP-El.

 

foto perekaman salah satu masyarakat lansia di dusun Tanggan Wah Kecamatan Sikur

 

Setelah melakukan pelayanan di dusun Tanggan Wah, tim Tuak Manis melanjutkan perjalanan ke lokasi ke dua yaitu dusun montong atas Sekitar pukul 15.00. Jumlah data adminduk yang terekam dan tercetak di dusun Tanggan Wah adalah  27 KTP-El.

Dalam pelayanan adminduk ada beberapa kendala yang dialami oleh tim Tuak Manis. “Untuk saat ini tim Tuak Manis Disdukcapil Lombok Timur masih belum bekerja sama dengan pihak lain, oleh sebab itu kami mengharapkan adanya bentuk kerjasama dari pihak lain khususnya pihak Dinas Kesehatan. Karena dalam proses pelayanan tim Tuak Manis sering mengalami kendala, misalnya dalam proses perekaman tim sulit memandu masyarakat terdaftar yang berstatus disabilitas atau gangguan jiwa, sehingga tim Tuak Manis membutuhkan pendampingan dari Dinas Kesehatan agar masyarakat terlapor kooperatif saat proses pelayanan adminduk“, ungkap Koordinator Tim Tuak Manis, Mangsup, S.Ap.

 

Foto perekaman KTP-Elektronik salah satu masyarakat Disabilitas 

“Dengan adanya pelayanan tim Tuak Manis Dukcapil Lombok Timur ini, kami mengharapkan tidak ada lagi masyarakat lansia, marginal, dan disabilitas yang tidak memiliki data adminduk, dan harapan terbesar kami setelah tim Tuak Manis turun adalah adanya pihak lain yang memberikan perhatian khusus untuk membantu lansia, marginal, dan disabilitas yang telah memiliki KTP-El sehingga dapat mensejahtrakan masyarakat”, lanjutnya.

 

Cek video youtube kegiatan pelayanan tim Tuak Manis di channel youtube link berikut ->  https://www.youtube.com/watch?v=aV5O4lsuexc

dan di Facebook Tuak Manis -> https://www.facebook.com/groups/851446272307623/

artikel terkait 'Tuak Manis' -> https://dukcapil.lomboktimurkab.go.id/statis-79-semanis-nama-programnya-tuak-manis-menjawab-harapan-mereka.html

  • Senin, 22 Februari 2021 - 13:11:08 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya