Dirjen Dukcapil Kemendagri hadir langsung dalam Pelayanan Adminduk Car Free Day Dukcapil Lombok Timur

  • Senin, 27 Desember 2021 - 05:16:21 WIB
  • Hidayatul Jumah
Dirjen Dukcapil Kemendagri hadir langsung dalam Pelayanan Adminduk Car Free Day Dukcapil Lombok Timur

Car Free Day Dukcapil (CFD) adalah kegiatan rutin mingguan yang dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Timur.  CFD yang diadakan pada hari Minggu 26 Desember 2021 tepatnya CFD akhir tahun ini sangat special dan penuh semangat karena dihadiri langsung oleh pejabat tertinggi Dinas Dukcapil yakni Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. Beliau didampingi oleh perwakilan dari Dinas Dukcapil Se-NTB yakni Dukcapil Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Bima, Mataram, dan Sumbawa.

Dirjen Dukcapil beserta rombongan hadir kurang lebih pada pukul 07.00 di Dinas Dukcapil Lombok Timur dan disambut hangat oleh Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur (Ir. Sateriadi, M.T., M.Sc) beserta seluruh Kepala Bidang dan staf.

Dalam CFD Dukcapil Lombok Timur Dirjen Dukcapil mengawasi langsung seluruh rangkaian pelayanan Adminduk yang dilaksanakan. Dirjen Dukcapil juga melihat antusias yang luar biasa dari masyarakat yang mengikuti pelayanan Adminduk dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang mengurus dokumen Adminduk di kegiatan CFD Dukcapil ini. Beliau juga berkomunikasi dan menanyakan langsung kepada masyarakat terkait pelayanan Adminduk yang dilaksanakan oleh Kabupaten Lombok Timur.

“Pelaksanaan CFD Dukcapil Lombok Timur sudah bagus dan silahkan dilanjutkan. Adapun pelayanan Jemput Bola Dukcapil perlu ditingkatkan seperti pelayanan dengan turun langsung ke desa-desa bahkan RT RW untuk meningkatkan kualitas pelayanan Adminduk kepada masyarakat” pesan Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh dalam kegiatan CFD minggu ini.

“Dirjen Dukcapil mengapresiasi berbagai inovasi dan upaya peningkatan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Lombok Timur. Adapun masukan yang disampaikan dan ditekankan Dirjen Dukcapil adalah upaya pelayanan akta kematian yang perlu ditingkatkan karena sampai saat ini kualitas pelayanan kematian Dinas Dukcapil Lotim masih kurang. Dalam hal ini solusi yang diberikan oleh beliau adalah mengadakan petugas pencatat kematian di masing-masing lokasi pemakaman Lombok Timur yakni 1 desa 1 petugas dan pentingnya adanya perbup khusus atau surat edaran Bupati terkait akta kematian.  Dalam hal ini Dinas Dukcapil Lotim akan mempertimbangkan hal tersebut kedepannya dan akan terus komitmen berupaya dalam peningkatan seluruh pelayanan Adminduk", Kata Ir. Sateriadi selaku Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur.

 

Dalam Pelayanan CFD ini masyarakat yang datang mendapatkan layanan Adminduk oleh petugas Dukcapil dan dokumen Adminduk yang telah diproses tersebut langsung jadi dan diberikan kepada masyarakat yang bersangkutan di lokasi pelayanan. Pelayanan Adminduk tersebut berupa perekaman, pencetakan KTP-el, pencetakan KIA, perubahan KK, pembuatan Akta Kelahiran, Kematian, dan layanan lainnya.

Dalam pelayanan CFD minggu ini, Dukcapil Lombok Timur berhasil memproses krg lebih 60 KTP-el, 50 KIA, 50 Akta Kelahiran, puluhan perekaman, KK, dan layanan lainnya.

  • Senin, 27 Desember 2021 - 05:16:21 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya