DUKCAPIL TIMUR BERKOLABORASI DENGAN KEMENAG DALAM INTEGRASI PENERBITAN DOKUMEN PERNIKAHAN DAN DOKUMEN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BAGI PASANGAN YANG BARU MENIKAH DAN TERCATAT DI KUA

  • Jumat, 28 Mei 2021 - 21:39:59 WIB
  • Hidayatul Jumah
DUKCAPIL TIMUR BERKOLABORASI DENGAN KEMENAG DALAM INTEGRASI PENERBITAN DOKUMEN PERNIKAHAN DAN DOKUMEN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BAGI PASANGAN YANG BARU MENIKAH DAN TERCATAT DI KUA

Lombok Timur – Upaya-upaya terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lombok Timur dalam meningkatkankan kualitas pelayanan dokumen administrasi kependudukan. Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan instansi-instansi yang ada di lingkup Kabupaten Lombok Timur. Saat ini Dinas Dukcapil Lombok Timur sedang mempersiapkan kerjasama dengan Kementrian Agama Lombok Timur dalam hal layanan administrasi kependudukan bagi pasangan yang baru menikah dan tercatat resmi di KUA.

Foto Sosialisasi Tentang Rencana Integrasi layanan nikah dan layanan adminduk oleh Dukcapil Lotim

Pada hari kamis, 27 Mei 2021 Dinas Dukcapil Lombok Timur hadir dalam acara Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA Tingkat Kabupaten Lombok Timur yang diadakan oleh Kementerian Agama Lombok Timur. Dalam acara ini Dukcapil Lombok Timur diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Saiful Azkari, S.Sos) dan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil (Arfany Masani, S.STP.M.P). Kepala Kementerian Agama kabupaten Lombok Timur, Drs. H. SIROJUDIN, MM dan jajarannya termasuk Kepala KUA, penghulu, Penyuluh, dan operator di tiap kecamatan turut hadir pada acara ini. Total jumlah peserta yang hadir adalah 60 orang.

Acara ini dibuka dengan laporan ketua panitia Bimtek, dilanjutkan sambutan Kepala Kemenag, dan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Lombok Timur.  Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil menjelaskan bahwa pasangan yang baru menikah dan tercatat di KUA tidak hanya mendapatkan dokumen nikah seperti buku nikah saja, akan tetapi juga mendapatkan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk). Dokumen Adminduk tersebut terdiri dari KK dan KTP bagi pasangan yang menikah, KK lama dari keluarga wanita dan pria yang sudah diperbaharui dan juga akta kelahiran jika pasangan tersebut masih belum memiliki akta kelahiran.

Foto Peserta yang hadir dalam acara Bimtek Peningkatan Mutu KUA dan Sosialisasi Adminduk

“Sesuai amanat Kemendari No 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan, Dukcapil berkolaborasi dengan Kementerian Agama dalam pelayanan pencatatan pernikahan yang akan diintegrasikan dengan pelayanan pembuatan dokumen Adminduk. Kerjasama ini juga merupakan salah satu upaya mewujudkan visi Dukcapil Lombok Timur yaitu terwujudnya administrasi kependudukan yang tertib, akurat, dinamis, dan membahagiakan serta upaya peningkatan mutu layanan KUA tingkat kabupaten Lombok Timur”, ungkap Syaiful Azkari, S.Sos.

“Tindak lanjutnya adalah kita perlu melakukan persiapan dengan matang. Dalam hal ini Dukcapil dan Kemenag akan menetapkan SOP, nama layanan, dan hal lainnya yang terkait.  Kami juga menyepakati bahwa setelah semua persiapan terkait layanan ini telah dilaksanakan, maka pelayanan ini mulai akan diterapkan pada bulan Juni sehingga pasangan baru menikah bisa segera menikmati pelayanan ini”, lanjutnya.

  • Jumat, 28 Mei 2021 - 21:39:59 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya