Rencana Uji Coba Aplikasi BAKSO di 3 UPT Dukcapil Kabupaten Lombok Timur

  • Selasa, 23 Februari 2021 - 14:08:04 WIB
  • Hidayatul Jumah
Rencana Uji Coba Aplikasi BAKSO di 3 UPT Dukcapil Kabupaten Lombok Timur

Aplikasi BAKSO (Buat Administrasi Kependudukan Secara Online) adalah salah satu inovasi Disdukcapil Lombok Timur yang mulai dilaksanakan pada tahun 2018. Inovasi BAKSO sendiri merupakan bagian dari mekanisme pada Sistem Layanan Adminstrasi Kependudukan dengan Berbasis Kewenangan Desa dengan memanfaatkan aplikasi IT sebagai media pengiriman berkas persyaratan dokumen adminduk secara daring.

Selama ini dalam mekanismenya, berkas persyaratan dokumen permohonan adminduk masyarakat yang dikirim oleh operator desa melalui aplikasi BAKSO ini diterima, dikerjakan dan dikontrol langsung oleh dukcapil Lombok Timur, akan tetapi karena pelayanan adminduk sudah dialihkan ke UPT dukcapil di kecamatan, maka penerimaan dan pengerjaan berkas persyaratan dokumen permohonan melalui aplikasi BAKSO ini direncanakan akan dilimpahkan ke UPT Dukcapil yang ada di kecamatan di Lombok Timur dengan dikontrol langsung oleh Dukcapil Lombok Timur dalam pelaksanaannya.

Tiga UPT dukcapil kecamatan yang akan diuji coba oleh dukcapil Lombok Timur dalam perencanaan pelaksanaan aplikasi BAKSO ini adalah tiga UPT kecamatan yaitu Selong, Pringgabaya, dan Keruak. Pelaksanaan ini rencananya akan dimulai bulan maret 2021.

“Dalam perencanaan uji coba inovasi BAKSO di tiga UPT dukcapil ini, Disdukcapil Lombok Timur saat ini sedang mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan tiga UPT dukcapil dalam pelaksanaannya. Adapun hal-hal yang sedang dipersiapkan adalah penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan penyiapan peralatan-peralatan yang akan digunakan seperti komputer, wifi dan peralatan lainnya yang dibutuhkan”, kata Muhammad Najamuddin, SH, Kepala Seksi Inovasi Pelayanan saat di wawancara di kantor Disdukcapil Lombok Timur.

“Setelah di evaluasi oleh tim BAKSO untuk saat ini persiapan yang dilakukan sudah mencapai 80%, dan insyaAllah pelaksanaan uji coba inovasi BAKSO di tiga UPT dukcapil ini akan dilaksanakan pada bulan maret tahun 2021, jadi kami berharap dengan adanya pengalihan ini, maka kualitas pelayanan adminduk secara online semakin baik”, lanjutnya.

 

  • Selasa, 23 Februari 2021 - 14:08:04 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya